Senin, 16 Februari 2009

Membantu Itu Membahagiakan

Oprah angel’s network $1000 holiday to giveaway – alot more happier

Oprah pernah melakukan sebuah eksperimen dengan para pemirsanya. Dia meminta permisanya tersebut untuk menggunakan uang sebesar $1000 yang seharusnya merekaakan gunakan untuk liburan, untuk digunakan untuk meringankan beban orang lain, apapun itu.

Bisa untuk menyekolahkan anak yang tidak mampu, membelikan obat, memberi makan, apapun dan dilakukan selama masa liburan tersebut.

Setelah masa liburan berakhir, Oprah mengundang mereka untuk tampil pada acaranya dan menceritakan apa pengalaman yang mereka peroleh pada masa liburannya.

Ternyata semua mengatakan bahwa mereka belum pernah merasa lebih bahagia, lebih bermakna, dan apa yang diperloleh dengan $1000 yang mereka berikan pada orang lain itu jauh melebihi kebahagiaan yang mungkin akan diperoleh apabila mereka habisakan untuk berlibur.

Hal senada muncul dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Oregon. Peneliti dari Universitas Oregan baru-baru ini menggunakan mesin fMRI untuk mempelajari aktivitas otak laki-laki dan perempuan dan memonitor perubahan emosi dan pola dalam berpikir.
Dalam eksperimen ini, peneliti memberikan seorang wanita uang sebany
ak 100 dolar, dan seperti yang diduga, pusat kebahagiaan di otak menunjukkan peningkatan aktivitas.
Lalu di bagian lain eksperimen ini, wanita tsb diberikan lagi uang dalam jumlah yang sama, namun kali ini wanita tsb diberikan kesempatan untuk mendonasikan uangnya.
Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas otak yang jauh lebih besar dibanding ketika wanita tsb menggunakan uang itu untuk dirinya sendiri.

Luar biasanya lagi, ketika penelitian ini dikembangkan dengan cara mengukur aktivitas otak orang yg melihat orang lain menerima kebaikan, ternyata aktivitas yang otak yang sama juga muncul.
Artinya, kita pun bisa merasa turut bahagia ketika kita melihat orang lain menerima kebaikan dari orang lain (bukan dari kita).

DIPOSTING OLEH Jamil Azzaini | facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar